Tutorial Membuat Monogram dengan CorelDRAW | Tukang Ketik

|

Cara membuat monogram dengan CorelDRAW - Monogram adalah gabungan dari beberapa huruf (bisa 2 atau 3 huruf) yang menunjukkan sebuah identitas atau logo. Monogram ini bisa menunjukkan identitas seseorang maupun sebuah komunitas atau organisasi.
Untuk artikel kali ini, aku akan berbagi tutorial cara membuat monogram menggunakan software CorelDRAW X4. Monogram yang aku maksud kira-kira seperti tampilan gambar di bawah ini :D tutorial ini juga aku sediakan dalam bentuk pdf kok. Untuk link download ada di akhir postingan ya :D


Tidak ada efek atau trik khusus dalam pembuatan monogram ini, yang diperlukan hanya teknik shaping. Tool yang digunakan cukup Text Tool dan Ellipse Tool.
Langkah yang pertama buka CorelDRAW, buat lembar kerja baru dan ketikkan tulisan apa saja. Sebagai contoh aku tuliskan huruf SKM.


Untuk jenis font terserah sampeyan ya, tapi jika mau sama dengan yang aku pakai nama fontnya "Haettenschweiler" dengan ukuran 150 pt.
Jika sudah, buat objek lingkaran dengan Ellipse Tool. Sambil menekan Ctrl, klik dari pojok kiri atas dan drag ke pojok kanan bawah untuk menghasilkan lingkaran atau bunder seser. Lihat tanda panah warna biru.


Posisikan objek lingkaran seperti pada gambar di atas ya. Ukurannya sekitar 70 mm atau 7 cm.
Seleksi semua objek, antara tulisan dan objek lingkaran. Kemudian pilih Intersect. Lihat panah warna hijau.


Jika berhasil akan tercipta objek baru di dalam lingkaran. Delete tulisan SKM yang berada di luar lingkaran. Lihat pada gambar biar lebih jelas.


Sekarang pilih Shape Tool. Klik pada salah satu node pada huruf S, K dan M dan geser-geser ke atas dan ke bawah.


Jika berhasil kira-kira hasilnya seperti gambar di bawah ini :D


Seleksi semuanya dan tekan Intersect lagi. Delete bagian yang berada di luar lingkaran. Lihat pada gambar untuk lebih jelas.


Tambahkan background dan pernak pernik lainnya biar lebih terlihat profesional.


Bagaimana mudahkan? Semoga artikel dengan  judul cara membuat monogram menggunakan CorelDRAW X4 ini bisa memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Akhir kata atas nama crew yang bertugas, kami ucapkan selamat mencoba. Download tutorial membuat monogram versi pdf.

Related Posts

2 COMMENT:

  1. Anonymous06:59

    Mantap, kalau di photoshop bisa nggak gan? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah nyoba aku gan,, karena belum ahli dengan Photoshop :D hehehe

      Delete

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Terima kasih atas kritik, saran dan masukan komentar yang kalian berikan.
Semoga Allah s.w.t selalu memberikan kelancara rejeki, kesehatan dan keistiqomahan buat kita semua. Aamiin ^_^