Cara Membuat Gig atau Lapak di Fiverr | Tukang Ketik

|

Gigs di Fiverr - Kemarin aku sudah bahas sedikit tentang apa itu Fiverr? Bagaimana cara mendapatkan uang di Fiverr? Aku juga berikan tutorial cara mendaftar sebagai penjual di Fiverr. Setelah kita mendaftar, langkah selanjutnya supaya bisa mendapatkan dollar dari Fiverr adalah dengan membuat Gigs.

Gigs ini bisa diartikan lapak kita gan. Seperti lapak yang kita buat di Tokopedia, Bukalapak, Kaskus Jual Beli dan toko online yang lain. Bedanya, di Fiverr kita tidak perlu COD, kirim2 barang paketan atau apalah itu. Kita hanya perlu membuat lapak atau gigs dengan tampilan yang menarik. Karena berdasarkan pengalaman saya, tampilan atau thumbnail dari gigs yang kita buat sangat mempengaruhi ketertarikan calon pembeli.

Jika masih bingung dengan penjelasanku, di bawah ini adalah contoh gigs dari beberapa seller luar negeri yang sudah dipublikasikan. Ada yang menawarkan jasa pembuatan logo, pembuatan blog, vintage, edit foto, photoshop dan masih banyak yang lainnya.


Berapa $ (dollar) harga gigs yang kita buat di Fiverr?

Untuk soal harga bisa kita sesuaikan gan. Minimal $5, tapi kita bisa melakukan negosiasi dengan calon pembeli (buyer) mengenai harga. Kita bisa mengatur harga gigs sesuai yang kita mau, mulai dari $5, $10, $15 bahkan hingga ratusan dollar.
Sekedar tips dari saya yang masih newbie: untuk awal-awal mending kita pasang harga jangan terlalu tinggi. Mending pasang tarif $5 saja, butuh perjuangan dulu gan. Nanti kita bisa nego dengan calon pembeli mengenai kesepakatan harga. Kita juga harus tahu nilai jasa yang kita tawarkan. Berapa banyak $ yang kita dapat, tergantung tingkat rasa syukur kita kepada-Nya. #tukangketik
Di Fiverr, aku memasang tarif $5 setiap pesanan. Tapi jika merasa sangat sulit dan butuh waktu ekstra, biasanya aku negosiasi terlebih dahulu soal harga, karena waktu, pikiran dan tenaga juga perlu dihargai :D
Pernah waktu itu aku mendapatkan pesanan mengetik ulang sebuah file pdf ke MS. Word, karena banyak (sekitar 150 halaman). Akhirnya aku negosiasi harga dari $5 menjadi $80. Si buyer mau, singkat cerita si buyer malah ngasih tips sebesar $20 karena sangat puas dengan pekerjaan yang telah dikirim.

Cara membuat gigs di Fiverr

Aku anggap kamu sudah punya akun Fiverr. Jika belum punya silahkan daftar dulu ya, bisa lihat link di atas jika masih bingung cara daftarnya :D
Buatlah gigs sesuai dengan kemampuanmu. Jangan ikuti gigs yang paling rame. Percuma kan, kalau buat gigs tapi kita nggak bisa menguasai dengan baik. Bukan $ yang kita dapat, bisa-bisa reputasi kita juga buruk di Fiverr.
 Langkah pertama Sign In dulu dengan akun yang sudah kamu buat. Kemudian masuk ke menu yang ada namamu dan klik Selling - Create a Gig.


Kamu akan dibawa pada tampilan seperti ini. Menu Overview ini adalah langkah awal untuk membuat gig atau lapak.



  1. GIG TITLE : isikan judul gig yang sesuai dengan kemampuanmu. Sebagai contoh; "I will create super amazing cartoon portrait".
  2. CATEGORY : Pilih kategori yang sesuai dengan jugul gig yang kamu buat. Biasanya dari Fiverr sudah disarankan gan. Tapi bisa disetting sendiri mau pilih yang mana.
  3. GIG METADA : Khusus pada kolom ini akan muncul setelah kamu mengisi GIG TITLE dan memilih CATEGORY.
  4. TAG : Ini sangat penting, karena ini salah satu keyword yang akan diketik calon pembeli untuk mencari gig yang kamu tawarkan. Maksimal 5 tag.

Jika kamu masih bingung, coba lihat gig penjual lain yang sudah banyak pesanannya. Pakai ilmu ATM (Amati Tiru Modifikasi) hehehe.
Jika merasa sudah yakin, klik Save & Continue. Sekarang kita lanjut ke menu Pricing. Isi sesuai dengan keterangan gigmu ya. Nanti ada 3 pilihan paket; BASIC, STANDAR, PREMIUM. Sekedar saran, mending pakai yang satu paket saja dulu, istilahnya kita masih "babat alas" nyari pelanggan. Pilih yang BASIC. Tapi bisa pilih 3 paket sekaligus.


Beri tanda centang yang akan kamu tawarkan. Untuk harga silakan isi sendiri ya. Mulai dari $5 hingga $995. Mantap kan? :D


Jika sudah scroll ke bawah dan klik Save & Continue. Langkah selanjutnya berikan deskripsi yang lengkap mengenai gig yang kamu tawarkan. Minimal 120 karakter, dan semuanya dalam bahasa Inggris. Seperti yang sudah saya bilang, jika kamu masih bingung untuk ngisinya, cobalah buka gig penjual lain yang sudah terkenal. Kemudian copy - paste deskripsi gig mereka. Jangan lupa diedit ya, karena mereka sudah profesional sedangkan kita baru mulai tumbuh dan berkembang :D


Klik Save & Continue jika sudah. Pada bagian ini silakan diisi, misalkan calon pembeli harap memberikan detail pekerjaan sebelum menempatkan pesanan (dalam bahasa Inggris), jika sudah langsung klik Add dan Save & Continue.


Pada Gallery ini silakan upload foto atau video sampel yang akan kamu tampilkan kepada para calon pembeli. Maksimal 3 foto, 1 video dan 2 file tambahan dalam bentuk pdf.

 Jika sudah selesai klik Save & Continue. Jika sudah siap, klik Publish Gig untuk mempublikasikan gigmu. Harap dibuat dengan tampilan yang menarik ya, karena akan dilihat dari berbagai penjuru negara lho :D


Semoga artikelnya bermanfaat. Tunggu hingga ada buyer yang memesan gigmu, atau jika masih sepi kamu bisa mencari pesanan melalui menu Buyer Request. Untuk caranya akan aku bagikan pada artikel selanjutnya. Salam nyangkul.

Related Posts

14 COMMENT:

  1. terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas, alhamdulillah jika bermanfaat :D

      Delete
  2. INFO YANG BERMANFAAT. INSHA ALLAH AKAN MENJADI JARIYAH PANJENENGAN, DAN SPANJANG KAMI MENDAPAT MANFAAT DARI INFO INI, SEPANJANG ITULAH PANJENENGAN MENDAPATKAN PAHALANYA,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jika artikelnya bermanfaat mas
      Terima kasih untuk do'anya :D

      Delete
  3. Maaf mas ... Aplikasi ini ga bisa lewat hp ya... ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, di Google Play Store ada kok
      Coba searching dengan keyword Fiverr :D

      Delete
  4. Gan... saya mau tanya, Ketika kita pasang Gig untuk menjual jasa edit poto atau file lain ada pilihan "Sumber data". Nah saya bingung Sumber data nya di centang atau tidak. Sumber data itu apa maksudnya? dan apa gunanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sampeyan edit foto hanya mengirimkan hasilnya saja, maka kolom Source File jangan dicentang, tapi kalau mau ngirim semuanya, source file harus dicentang

      Misalnya gini;
      Misalkan sampeyan editnya pake corel draw, nah sampeyan mau ngirim hasil jadinya atau beserta file corel nya
      Jika beserta file corel nya, bisa dicentang source filenya.

      Tapi biasanya, jika pembeli mau dikirim beserta source filenya, saya kenakan biaya tambahan :D

      Delete
  5. Mas saya udh daftar di Fiverr dan saya punya masalah ditahap pembuatan gig.Yaitu pada tahap :Do you have any special requirements?Tlg mas bagaimana cara ngisinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih tahu kepada pembeli apasaja yang dibutuhkan untuk memulai pekerjaan mas :D

      Diisi kata apa aja sesuai requirement yang sampeyan butuhkan :D

      Delete
  6. ada alamat email ga Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang bisa saya bantu mas?
      Ini alamat email saya; pegawejamboo[at]gmail[dot]com

      Delete
  7. Mas kalo untuk pemula dg kategori transcrip..
    $5 dolar itu sebaiknya untuk berapa halaman ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya $5 untuk 10 sampe 15 halaman
      Sekarang $5 untuk 5 halaman mas

      Awal2 buat nyari pasaran dulu hehehe

      Delete

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Terima kasih atas kritik, saran dan masukan komentar yang kalian berikan.
Semoga Allah s.w.t selalu memberikan kelancara rejeki, kesehatan dan keistiqomahan buat kita semua. Aamiin ^_^