Cara Mendaftar Sebagai Penjual Jasa [Freelancer] di Fiverr | Tukang Ketik

|

Cara mendaftar Fiverr - Hai,, ini adalah postingan pertama mengenai website Fiverr. Jika ada yang belum tahu tentang Fiverr, aku akan sedikit menjelaskan sesuai dengan pemahamanku. Fiverr adalah sebuah website profesional yang dibuat untuk transaksi jual beli jasa secara online. Apakah hanya jasa saja yang bisa dijual? Bisa nggak jual barang-barang bekas atau mantan-mantan bekas? :v Kalau ditanya seperti itu, aku jawab tidak bisa. Mengapa? Karena kita tidak bisa bertemu secara langsung dengan calon pembeli maupun calon penjual. Mungkin bisa bertemu, jika pembeli atau penjual berasal dari negara yang sama, tapi kemungkinan bisa bertemu sangat sedikit. Jika calon pembeli atau calon penjual berasal dari desa yang sama mending ketemu langsung saja deh. Karena kalau lewat Fiverr dikenai biaya administrasi :D



Oke, sampai di sini sudah ngerti belum tentang Fiverr? Jika belum paham sama sekali, berarti sia-sia aku nulisnya. Mending pura-pura paham saja ya, biar yang nulis seneng dengernya :D

Apakah Fiverr scam?

100% tidak. Karena aku sendiri sudah membuktikannya, ya meskipun masih terbilang recehan hehehe. Malah, Fiverr ini jadi rekomendasi bagi para desainer frelance. Banyak para desainer grafis Indonesia yang menghasilkan ribuan dollar per bulannya dari Fiverr. Aku nggak bisa sebutkan satu per satu, yang jelas ada. Di bawah ini adalah salah satu bukti pembayaran dari Fiverr yang dikirim ke rekening Paypal.


Buyer dan Seller di Fiverr

Di Fiverr ada istilah buyer dan seller. Buyer adalah pembeli yang membutuhkan jasa kita. Sedangkan seller adalah kita para penjual, yang mempunyai kemampuan atau skill untuk ditawarkan kepada calon pembeli dan dibutuhkan oleh calon pembeli.

Bagaimana cara mendapatkan ( $ ) dollar dari Fiverr?

Jika kita ingin mendapatkan dollar dari Fiverr, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendaftar sebagai penjual jasa (seller). Jika ingin menjadi penjual jasa di Fiverr, tanyakan dulu pada diri kita, kemampuan apa yang bisa ditawarkan kepada calon pembeli? Jika merasa belum punya kemampuan yang bisa ditawarkan, mending daftar dulu dan lihat-lihat gigs para seller yang sudah dipublikasikan. Untuk bisa mendapatkan dollar dari Fiverr, kita harus membuat gigs sesuai dengan kemampuan kita. Gigs berisi mengenai jasa apa yang bisa kita tawarkan. Untuk cara membuat gigs akan aku update pada artikel selanjutnya.

Berapa dollar ($) kita akan dibayar Fiverr?

Jika tanya seperti itu, aku jawab "tergantung". Bisa $5, $100 bahkan ribuan dollar. Tergantung berapa dollar harga yang kita sepakati dengan si calon pembeli atau buyer. Setiap ada pesanan yang masuk akan dipotong 20% dari pihak Fiverr. Sebagai contoh; misalkan kita mendapatkan pesanan edit foto senilai $20 dan sudah kita kerjakan dengan baik (buyer sudah puas dan tidak ada revisi). Uang senilai $20 tersebut akan dipotong 20%, atau sekitar $16 yang akan masuk ke rekening paypal kita.
Perlu diketahui, jika orderan sudah beres saldo dollar ($) kita akan mengendap di Fiverr dulu untuk beberapa saat sebelum bisa ditransfer ke rekening Paypal. Kira-kira sekitar 2 minggu-an baru bisa kita transfer. Kalau di Fiverr istilahnya Pending Clearance.
Bagaimana kalau kita mendapatkan order senilai $100? Apa kena potongan juga? Iya, kena potongan 20% atau sebesar $80 yang akan masuk ke rekening paypal.

Cara mendaftar di Fiverr

Untuk mendaftar sebagai penjual di Fiverr, siapkan 3 poin penting ini :

  1. Alamat email yang masih aktif (Gmail, Yahoo, Outlook, dll)
  2. Skills atau kemampuan yang dikuasai (misalkan; bisa ganti background foto, desain, convert pdf to word, edit foto, web desainer, dll)
  3. Koneksi internet (hehe)
Jika sudah punya semuanya, sekarang ketikkan alamat urlnya di browsermu https://www.fiverr.com/. Kamu akan disuguhkan homepage nya seperti ini. Klik menu Join.



Jika sudah diklik, kamu akan disuguhi menu WELCOME TO FIVERR!. Isikan alamat emailmu yang masih aktif kemudian klik CONTINUE.


Langkah selanjutnya isikan nama dan password. setelah itu klik JOIN.


Kamu sudah berhasil daftar menjadi anggota Fiverr. Tetapi akunmu belum aktif sepenuhnya.


Sekarang buka akun emailmu, nanti ada pesan yang masuk dari Fiverr yang judulnya seperti ini; Fiverr: Activate Your New Account.


Buka email tersebut dan klik ACTIVATE YOUR ACCOUNT atau tombol warna hijau.


Selamat, akun Fiverr kamu sudah aktif sepenuhnya.


Langkah selanjutnya buat gigs yang menarik, sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Cara membuat gigs di Fiverr akan aku bagikan pada artikel selanjutnya.

Related Posts

2 COMMENT:

  1. Gimana cara mendapatkan orderan pertama dari fiverr mas? Mohon dijawab. Makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain menunggu, ada yang bisa dilakukan untuk mendapatkan orderan dari Fiverr, yakni melalui Buyer Request mas :D

      Delete

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Terima kasih atas kritik, saran dan masukan komentar yang kalian berikan.
Semoga Allah s.w.t selalu memberikan kelancara rejeki, kesehatan dan keistiqomahan buat kita semua. Aamiin ^_^