Efek Teks Kertas Terlipat Menggunakan CorelDRAW | Belajar CorelDRAW

|

Efek Tulisan Kertas Lipat di CorelDRAW - Halo para pengunjung yang sedang online di blog ini. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mampir, semoga kalian menemukan artikel yang sedang dicari ya :D

Untuk kali ini aku akan berbagi tutorial cara membuat efek tulisan kertas lipat menggunakan CorelDRAW X4. Artikel ini khusus untuk pemula atau yang masih awam. Para sesepuh CorelDRAW dipersilakan ngopi diwarung sambil makan gorengan :D

Dalam tutorial ini sebenarnya tidak ada trik khusus dan tidak tanpa efek apapun termasuk efek samping hahah. Kita hanya akan bermain teknik shaping dan transparansi saja. Kira-kira kita akan membuat seperti pada contoh gambar di bawah ini.

Efek Tulisan Kertas Terlipat di CorelDRAW

Yang kita butuhkan cuma 2 saja, yakni software CorelDRAW yang sudah terinstal di komputer dan font origram. Jika belum punya keduanya bisa cari-cari dulu di tempatnya simbah. Tahukan yang aku maksud dengan simbah.. :D

#1. Langkah pertama buka CorelDRAW

Belajar CorelDRAW X4

#2. Arahkan mouse ke lokasi Toolbox dan pilih Text Tool atau bisa menekan f8 di keyboard.

Fungsi Text Tool di CorelDRAW

#3. Ketikkan apa saja, misalnya "Ayo Nikah". Ganti font dengan jenis Origram. Ganti juga warna dan ukurannya. Kalau kamu ingin menggunakan warna yang aku pakai, ini kodenya : C: 53, M: 16, Y: 31 dan K: 4.


#4. Setelah itu ubah tulisannya menjadi objek. Caranya klik kanan pada tulisan dan pilih Convert To Curves atau biar lebih cepet tekan Ctrl + Q.

Cara Mengubah Font Menjadi Objek

Sampai disini kita sudah bisa mengubah font menjadi objek. Langkah ini merupakan salah satu cara mengatasi missing font.

#5. Langkah selanjutnya bermain shaping dengan Intersect. Buat objek kotak dengan Rectangle Tool dan tempatkan disalah satu tulisannya. Bisa lihat gambar jika masih bingung.

Cara Membuat Objek dengan Rectangle di CorelDRAW

#6. Seleksi antara objek kotak dan tulisan. Caranya, klik kiri kotaknya terlebih dahulu (kliknya jangan dilepas), tekan Shift dan klik huruf "a". Akan muncul menu bar Trim, Weld dll. Pilih yang Intersect. Lihat gambar lagi kalau bingung.

Belajar CorelDRAW

Untuk menyeleksi nomor 1 dan 2 (tanda kotak putus-putus) harus sambil menekan Shift di keyboard.

#7. Jika berhasil, akan tercipta objek baru. Beri warna dengan intensitas yang lebih tua. Setelah itu delete objek kotak yang kita buat dengan Rectangle tadi.


#8. Langkah selanjutnya pilih tool Transparency atau transparansi. Klik dan geser ke atas pada objek dengan warna yang lebih tua tadi.


Lakukan kembali langkah nomer 5 sampai nomer 8 untuk sisanya. Mainkan imajinasi, pada bagian mana lipatan kertas yang akan kita buat. Jika sudah kira-kira hasilnya seperti gambar di bawah :D


Langkah terakhir tambahkan background dan shadow. Sekian untuk postingan kali ini. Jika ada yang kurang jelas bisa bertanya di kolom komentar. Semoga bermanfaat :D

Related Posts

0 COMMENT:

Post a Comment

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Terima kasih atas kritik, saran dan masukan komentar yang kalian berikan.
Semoga Allah s.w.t selalu memberikan kelancara rejeki, kesehatan dan keistiqomahan buat kita semua. Aamiin ^_^