Cara Mengedit Video Dilengkapi Gambar Tutorial

|

Cara edit video - Postingan yang akan aku sampaikan kali ini berkaitan dengan video editing. Software yang aku gunakan dalam tutorial kali ini adalah Camtasia Studio 8. Mengapa nggak pakai Adobe Premiere atau After Effects sekalian? Bukannya nggak mau, tapi memang aku belum bisa dan belum punya komputer yang bisa dihinggapi software tersebut :D

Camtasia Studio merupakan salah satu software edit video yang sangat direkomendasikan. Selain ringan, software ini juga mudah untuk dioperasikan meskipun kita masih taraf pemula. Untuk tutorial cara mengedit video di Camtasia ini akan aku usahakan sedetail mungkin yang akan dilengkapi dengan gambar.


Dalam tutorial ini akan berisi 3 materi pokok yakni; cara memotong video, cara menggabungkan video dan cara menambahkan lagu atau musik ke dalam video. Jadi mohon diperhatikan dan dibaca dengan teliti, supaya tidak ada yang terlewat :D

Cara memotong video

#1. Langsung saja aku mulai tutorialnya, langkah yang pertama buka software Camtasia Studio 8 atau terserah versi kamu yang berapa. Kemudian masukkan video ke dalam Camtasia dengan cara klik File - Import media atau bisa tekan Ctrl + I. Cari lokasi dimana anda menyimpan video. Jika sudah klik Ok.


#2. Jika berhasil maka video akan berada di Clip Bin (lihat nomor 1). Untuk bisa diedit video harus diletakkan di Timeline (lihat nomor 2). Cara memasukkan video ke Timeline tinggal diklik tahan dan drag ke Timeline, jika muncul kotak dialog Editing Dimensions klik OK saja. Jika berhasil akan muncul preview pada Canvas seperti nomor 3.


#3. Cara memotongnya, klik video pada Timeline. Seleksi pada menit berapa saja video akan dipotong dan dibuang. Geser pada tanda yang saya beri warna biru. Misalkan aku ingin video dipotong mulai dari detik 50 dan berakhir di menit 1.20. Arahkan kursor pada detik 50 dan klik Split (tanda merah). Tekan Delete pada keyboard untuk bagian video yang dibuang. Misalkan pada detik 00.00 - 00.49 yang akan aku buang.


#4. Langkah selanjutnya arahkan kursor pada menit 1.20 dan sekali lagi tekan Split. Buang bagian video yang tidak diinginkan. Jika sudah, klik video yang sudah dipotong, kemudian geser ke ujung Timeline (lihat panah warna biru). Karena kalau tidak ditarik pada ujung, pas selesai dirender video akan dimulai layar blank (maaf aku bingung merangkai katanya :D )


#5. Jika sudah simpan video yang sudah dipotong. Cara menyimpan file Camtasi menjadi video klik File - Produce and Share dan pilih format videonya. Selamat kamu sudah bisa bagaimana cara memotong video di Camtasia Studio 8.

Cara menggabungkan video

#1. Cara menggabungkan video ini bisa terbilang lebih mudah jika dibandingkan dengan cara memotong video di Camtasia. Kita hanya perlu mengimport beberapa video dan masukkan ke Timeline setelah itu tinggal dirender. Jika bingung lanjut baca tutorialnya ya :D

Seperti biasa, buka Camtasia-nya kemudian Import 2 buah video atau lebih. Sebagai contoh akau akan menggabungkan 2 buah video menjadi 1.


Klik satu per satu duah buah video tersebut dan drag ke Timeline. Lihat gambar jika masih bingung. Video satu dan video dua harus saling dipepetkan di timeline. Lihat tanda warna hijau.


Langkah terakhir klik Produce and share untuk mengubahnya menjadi video :D

Cara menambahkan musik atau lagu ke dalam video

#1. Import video dan masukkan ke dalam Timeline. Kemudian klik File - Import media lagi dan pilih musik yang akan ditambahkan.


#2. Klik file musik yang ada di Clip Bin kemudian drag ke Timeline dan posisikan berada di bawah video.


Langkah terakhir klik Produce and share. Selamat kamu sudah bisa dan tahu bagaimana cara mengedit video menggunakan software Camtasia Studio 8. Jika masih ada pertanyaan silahkan berkomentar dengan sopan dan santun.

Related Posts

0 COMMENT:

Post a Comment

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Terima kasih atas kritik, saran dan masukan komentar yang kalian berikan.
Semoga Allah s.w.t selalu memberikan kelancara rejeki, kesehatan dan keistiqomahan buat kita semua. Aamiin ^_^